Berimbang Lawan Maroko, Spanyol Tantang Rusia Di 16 Besar

Beritabola6 – Kejutan terjadi di laga pemungkas fase grup saat Spanyol melawan Maroko. Maroko mampu menyulitkan Spanyol dengan hasil imbang 2-2 di laga penyisihan terakhir. Tambahan satu pin sudah cukup bagi Spanyol tuk lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup B.
 
Pada pertandingan yang dihelat di Stadion Kaliningrad, Selasa 26 Juni 2018 dinihari WIB, La Furia Roja dua kali tertinggal sebelum memaksakan hasil imbang.
 
Maroko membuka keunggulan lewat Khalid Boutaib lalu disamakan Isco untuk menandai babak pertama sama kuat 1-1. Youssef En-Neysri membobol gawang Spanyol di 10 menit terakhir untuk mengantar Maroko di ambang kemenangan.
 
Akan tetapi, Spanyol sukses membatalkan kemenangan Spanyol yang sudah di depan mata. Di injury time, Iago Aspas mencetak gol kedua Spanyol untuk memastikan kelolosan sebagai juara grup.
 
El Matador mengoleksi lima poin hasil tiga pertandingan, sama dengan Portugal di bawahnya yang sama-sama lolos. Spanyol berhak atas peringkat teratas dengan keunggulan jumlah gol usai kedua tim sama-sama memiliki selisih 1 gol.
 
Sementara itu, Maroko menyudahi turnamen sebagai juru kunci dengan raihan satu poin di bawah Iran yang mengoleksi empat poin.
 
Di babak 16 besar, Spanyol akan menghadapi tuan rumah Rusia pada 01 Juli 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow.
 
Jalannya Pertandingan
 
Spanyol mendominasi permainan di awal tapi kesulitan menembus pertahanan Maroko. Di menit ke-14, Spanyol justru dikejutkan Maroko dengan gol yang dicipakan Khalid Boutaib.
 
Kesalahan koordinasi yang dilakukan Andres Iniesta dan Sergio Ramos membuat Boutaib bisa merebut bola. Boutaib kemudian menggiring bola hingga ke kotak penalti sebelum melepaskan sepakan mendatar, tanpa bisa dihentikan David de Gea. Maroko memimpin 1-0.
 
Keunggulan Maroko tidak berlangsung lama. Hanya lima menit kemudian, Isco melahirkan gol balasan Spanyol yang mengubah kedudukan menjadi 1-1.
 
Sebuah permainan cepat di dekat kotak penalti Maroko melepaskan Iniesta di sisi kiri. Gelandang senior itu melepaskan umpan tarik yang diselesaikan Isco dengan sepakan keras ke sudut atas jala gawang Maroko.
 
Tensi permainan meninggi. Di menit ke-25, Maroko nyaris menambah keunggulannya tapi sepakan Boutaib dari dalam kotak penalti bisa dihepis De Gea.
 
Sebuah peluang lain dari Spanyol. Diawali dari sepak pojok, bola disambut Sergio Busquets di dalam kotak penalti dengan sundulan. Sayang, bola masih melambung tinggi di atas gawang Maroko.
 
Di masa injury time, Spanyol membuang peluang emas. Iniesta melepaskan umpan silang mendatar yang melewati lini pertahanan Maroko, tapi Diego Costa gagal melakukan sontekan dari depan gawang. Skor babak pertama 1-1.
 
Maroko lagi-lagi nyaris mengejutkan Spanyol usai turun minum. Sebuah operan lambung dari sisi melepaskan Boutaib ke arah gawang. Namun, De Gea bereaksi cepat untuk mengamankan ancaman itu.
 
Setelah pertandingan melewati waktu sejam, Spanyol akhirnya bisa membuat peluang bagus. Sebuah crossing bagus menemui Isco di dekat gawang, sayangnya sundulan dia disapu Romain Saiss tepat di garis gawang.
 
Sepak pojok Spanyol berbahaya. Bola menemui Gerard Pique di dekat tiang, akan tetapi sundulan dia masih melenceng dari gawang Maroko.
 
Di 10 menit terakhir, Maroko berhasil mengungguli Spanyol. Pemain pengganti Youssef En-Neysri menyambut bola sepak pojok Faycal Fajr dengan sundulan ke sudut gawang De Gea. Maroko kembali unggul dalam kedudukan 2-1.
 
Memasuki injury time, pemain pengganti Spanyol Iago Aspas melakukan sontekan dari jarak dekat meneruskan umpan silang Dani Carvajal dari sisi kanan. Spanyol menyamakan skor lagi 2-2.