Barca Atasi Girona 2-0

Beritabola6 – Barcelona kian menjauh dari kejaran rival-rivalnya usai menundukan Girona di pekan ke-21 Liga Spanyol. Blaugrana menang 2-0 untuk memantapkan posisinya di puncak klasemen.
 
Barcelona mencetak masing-masing satu gol di setiap babak dalam laga yang dilangsungkan di Estadi Montilivi, Minggu 27 Januari 2019 malam WIB. Nelson Semedo membuka keunggulan tim tamu, yang kemudian digandakan Lionel Messi.
 
Kemenangan ini mengokohkan Barcelona di posisi teratas klasemen Liga Spanyol. Setelah melewati 21 pertandingan mereka mengumpulkan 49 poin, unggul lima angka dari Atletico Madrid di posisi dua. Sementara Girona ada di urutan 13 dengan 24 poin.
 
Jalannya Pertandingan
 
Girona mencoba menerapkan pressing tinggi di awal pertandingan. Namun itu tetap tak mampu meredam Barcelona yang sudah menciptakan peluang melalui Luis Suarez di menit delapan.
 
Barcelona malah bisa mencetak gol cepat di laga ini, tepatnya pada menit sembilan. Nelson Semedo mejebol gawang Girona untuk membawa Barcelona unggul 1-0.
 
Empat menit setelah gol Barcelona, Girona mengklaim penalti usai Stuani sepertinya terjatuh karena berbenturan dengan Jordi Alba. Tapi wasit menyatakan tak ada pelanggaran terjadi.
 
Di menit 16 Barcelona nyaris memperbesar keunggulan, namun sepakan Philippe Coutinho diblok Bounou. Tekanan Barcelona berlanjut saat Lionel Messi mendapat tendangan bebas di muka kotak penalti. Namun sepakannya membentur pagar hidup pemain Girona.
 
Tiga menit sebelum babak pertama selesai, Girona punya peluang emas menyamakan kedudukan. Cristhian Stuani gagal melewati Ter Stegen dalam posisi satu lawan satu, dari momen itu Pere Pons melakukan rebound. Bola sepertinya masuk ke gawang, tapi Gerard Pique melakukan penyelamatan gemilang untuk menghalaunya.
 
Tak ada gol tambahan, babak pertama masih 0-1 untuk Barcelona.
 
Lima menit babak kedua berjalan Stuani kembali menguji Ter Stegen. Sukses melewati Lenglet, Stuani melepaskan tembakan yang masih bisa dihalau kiper asal Jerman itu.
 
Satu menit berselang Girona dapat mimpi buruk lain. Mereka kehilangan satu pemain setelah Espinosa dapat kartu kuning kedua. Wasit juga mengeluarkan kartu kuning pada kiper Bounou atas protes yang dia lakukan.
 
Lewat sebuah serangan balik Girona kembali mengancam Barcelona. Tapi saat Stuani sepertinya akan mencetak gol, Sergio Busquets melakukan blok.
 
Meski bermain dengan 10 orang, Girona beberapa kali merepotkan pertahanan Barcelona. Namun di menit 68 Girona kembali kebobolan.
 
Pada menit 68 Messi menjebol gawang Girona untuk memberi Barcelona keunggulan 2-0.
 
Peluang lain memperbesar keunggulan dipunya Coutinho di menit 73. Tendangan yang dia lepaskan melenceng tipis dari sasaran usai membentur pemain lawan. Suarez yang berada tak jauh dari bergulirnya bola telat bereaksi.
 
Memasuki menit 75 Suarez melepaskan tendangan melengkung yang masih gagal menemui sasaran. Dua menit berselang upaya Messi menambah jumlah golnya gagal karena bola bisa diamankan kiper.
 
Tekanan Barcelona berlanjut hingga memasuki periode injury time. Ada dua peluang dipunya skuat besutan Ernesto Valverde di periode ini. Yang pertama saat tendangan Coutinho melebar, tak lama kemudian Suarez gagal menceploskan bola ke gawang karena upayanya dihentikan kiper.