Hajar Munchen 3-1, Liverpool Lengkapi Empat Wakil Inggris Di Perempatfinal

Beritabola6 – Liverpool melengkapi empat wakil Inggris ke perempatfinal Liga Champions usai mengalahkan Bayern Munchen 3-1. Pahlawan kemenangan The Reds adalah Sadio Mane yang bikin dua gol.
 
Pada leg kedua babak 16 besar yang berlangsung di Allianz Arena, Minggu 14 Maret2019 dinihari WIB, Liverpool unggul duluan lewat gol Mane pada menit ke-26 sebelum disamakan bunuh diri Joel Matip pada menit ke-39.
 
Masuk di babak kedua, Liverpool menambah gol lagi lewat Virgil van Dijk dan Mane yang bikin gol kedua. Bermain imbang tanpa gol di Anfield, Si Merah lolos dengan keunggulan agregat 3-1.
 
Liverpool jadi tim terakhir Inggris yang lolos ke babak perempatfinal, Sebelumnya Manchester United, Tottenham Hotspur dan Manchester City sudah lebih dulu lolos.
 
Jalannya pertandingan
 
Munchen coba mengambil inisiatif lebih dulu menyerang lewat Serge Gnabry yang berada di sisi sayap kanan. Beberapa kali Gnabry merepotkan Andrew Robertson. Liverpool mendapat pukulan telak ketika kapten Jordan Henderson mendapat cedera pada engkelnya.
 
Sempat bertahan beberapa menit, Henderson akhirnya ditarik keluar pada menit ke-15 dan digantikan Fabinho. Liverpool mulai berani menyerang ketika laga memasuki di atas menit ke-15. Mereka mencoba melakukan serangan balik mengingat Bayern unggul dalam penguasaan bola.
 
Liverpool akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-26. Mendapat umpan dari Virgil van Dijk, Sadio Mane mampu mengecoh Nicklas Sule dan Manuel Neuer sebelum mengirimkan bola ke gawang yang kosong. Gol tandang berhasil didapat Liverpool.
 
Pada menit ke-34 Robertson nyaris membuat gol andaikan sepakan kerasnya ke pojok gawang tak ditepis Neuer dan hanya berujung korner.
 
Munchen menyamakan skor pada menit ke-39 ketika serbuan dari sisi kiri lewat Gnabry sukses menaklukkan Robertson yang lengah dalam penjagaan. Bola dikirim ke depan gawang dan Joel Matip yang mendapat tekanan dari Robert Lewandowski malah mengarahkan bola ke gawangnya sendiri.
 
Semenit sebelum turun minum, Munchen mendapat free kick namun eksekusi David Alaba masih tepat dalam tangkapan Alisson. Pada masa injury time, Alisson kembali menggagalkan peluang Munchen, kali ini sepakan Lewandowski dalam duel satu lawan satu berhasil ditepisnya.
 
Selepas restart, Liverpool langsung menggebrak namun peluang Mohamed Salah pada menit ke-49 masih gagal jadi gol setelah Neuer berhasil menepis bola tembakan pemain asal Mesir tersebut.
 
Munchen berupaya terus menekan untuk mencari gol kedua. Meski beberapa kali mampu menembus pertahanan Liverpool, namun gol urung didapat karena buruknya penyelesaian akhir.
 
Salah satunya di menit ke-61 ketika Gnabry lagi-lagi mampu melewati Robertson sebelum mengirim umpan kepada Lewandowski di kotak penalti. Sayang sepakan striker Polandia itu masih menyamping tipis.
 
Van Dijk! Bek asal Belanda itu mengembalikan keunggulan Liverpool pada menit ke-69 ketika bola korner Milner diteruskan dengan kepalanya untuk menjebol jala Neuer. Liverpool memimpin 2-1 dalam agregat.
 
Munchen yang tersentak gol kedua Liverpool makin terbuka permainannya karena ingin mengincar gol sesegera mungkin. Liverpool bertahan dengan lebih nyaman dan coba memainkan serangan balik.
 
Liverpool lantas mengunci laga ini ketika mereka berhasil mencetak gol ketiga pada menit ke-86. Mane lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor ketika crossing Salah dari sisi kanan ditanduk Mane di tiang jauh untuk membobol gawang Neuer.(Bandar Bola)