Imbang 2-2 Lwan Kosta Rika, Swiss Melaju Ke Babak 16 Besar Piala Dunia

Beritabola6 – Swiss memastikan diri melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 setelah berimbang 2-2 lawan Kosta Rika di matchday ketiga. Tambahan satu poin menempatkan Swiss sebagai runner-up Grup E.
 
Duel Swiss vs Kosta Rika dihelat di Nizhny Novgorod Stadium, Kamis 28 Juni 2018 dinihari WIB, Kendati sudah dipastikan tersingkir, Kosta Rika mampu memberikan perlawanan sengit terhadap Swiss. namun, Swiss berhasil unggul duluan di babak pertama lewat gol Blerim Dzemaili.
 
Kosta Rika baru bisa mencetak gol di babak kedua lewat Kendall Waston untuk mengubah skor menjadi 1-1. Swiss bisa kembali unggul di dua menit jelang akhir waktu normal lewat Josip Drmic.
 
Keunggulan Swiss tak bertahan lama. Kosta Rika memaksakan hasil akhir berimbang 2-2 di masa injury time lewat titik penalti, setelah bola tembakan Bryan Ruiz mengenai Yann Sommer dan masuk ke gawang.
 
Hasil imbang ini membuat Swiss melaju ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup E dengan lima poin. Kosta Rika ada di dasar klasemen dengan satu poin.
 
Sementara itu, Brasil keluar sebagai juara grup dengan tujuh poin. Hasil itu didapat setelah mengalahkan Serbia 2-0, yang tersingkir setelah duduk di posisi ketiga dengan tiga poin.
 
Jalannya Pertandingan
 
Kosta Rika sudah mampu melepas tiga percobaan ke arah gawang sebanyak tiga kali saat babak pertama baru berjalan waktu enam menit.
 
Kosta Rika, yang sudah dipastikan tersingkir, bermain sangat agresif. Di menit ke-10, Daniel Colindres nyaris merobek gawang Swiss setelah tembakannya dari luar kotak penalti membentur mistar gawang.
 
Swiss melancarkan serangan balik di menit ke-17. Mario Gavranovic mendapat sodoran bola dari rekannya dan langsung melepaskan tembakan dari depan kotak penalti, namun bola masih melebar dari sasaran.
 
Kosta Rika gantian membuat ancaman, yang kali ini lewat serangan balik di menit ke-19. Bryan Oviedo, yang melakukan overlap mendapat sodoran bola dari rekannya. Oviedo melepaskan tembakan dari sisi kiri, namun bola masih bisa ditepis Yann Sommer.
 
Swiss memecah kebuntuan di menit ke-31 setelah berulang kali kesulitan masuk ke kotak penalti Kosta Rika. Stephan Lichtsteiner mengirim umpan silang, bola ditanduk Breel Embolo ke tengah kotak penalti. Dzemaili, yang berdiri bebas, lantas mencocor bola ke dalam gawang Keylor Navas. Swiss memimpin 1-0.
 
Kosta Rika berusaha mencari kesempatan untuk menyamakan skor lewat serangan balik, tapi usaha mereka tak ada yang berbuah gol hingga turun minum. Skor 1-0 masih bertahan untuk keunggulan Swiss.
 
Kosta Rika membuat ancaman saat babak kedua baru berjalan tiga menit. Joel Campbell, yang berdiri bebas di depan kotak penalti Swiss melepaskan tembakan keras, namun bola masih melambung di atas gawang.
 
Selang semenit kemudian, giliran Swiss yang memberi ancaman. Ricardo Rodriguez melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, namun bola masih sedikit melambung di atas gawang Kosta Rika.
 
Di menit ke-51, Embolo berhasil melepaskan diri dari kawalan lawan di kotak penalti. Tembakan dia lepaskan dari sudut sempit di sebelah kanan, namun bola masih bisa ditepis kiper Kosta Rika.
 
Kosta Rika berhasil menyamakan skor 1-1 di menit ke-56 lewat sundulan Kendall Waston. Gol tercipta setelah Watson memenangi duel udara untuk menyambut umpan sepak pojok Campbell.
 
Swiss membuat ancaman di menit ke-78. Josip Drmic menyambut umpan silang Embolo dengan kepala, namun bola masih mengenai sudut tiang gawang.
 
Tak lama berselang, Kosta Rika melancarkan serangan balik. Berawal dari solo-run Campbell, Celso Borges mendapat ruang bebas dan melepaskan tembakan. Bola meluncur deras, namun masih bisa ditepis Sommer.
 
Swiss, yang di babak kedua nyaris selalu ditekan, malah mampu unggul 2-1 dari Kosta Rika di menit ke-88. Drmic berhasil melesakkan gol setelah menerima umpan silang dari Denis Zakaria.
 
Keunggulan itu tak bertahan lama. Kosta Rika berhasil menyamakan skor menjadi 2-2- di injury time lewat titik penalti setelah Zakaria melanggar Campbell.
 
Bryan Ruiz maju sebagai eksekutor. Tembakan Ruiz mengenai mistar gawang, namun bola memantul ke dalam gawang setelah mengenai punggung Sommer.
 
Di sisa waktu, tak ada gol tambahan yang tercipta. Swiss dan Kosta Rika harus puas berimbang 2-2.