Indonesia U-19 Gebuk Taiwan 3-1 Di Laga Perdana Piala Asia

Beritabola6 – Timnas Indonesia mengawali kiprahnya di Piala Asia U-19 2018 dengan manis. Garuda Muda memetik kemenangan 3-1 atas Taiwan, Witan Sulaiman menyumbang sepasang gol.
 
Indonesia kesulitan menembus kokohnya pertahanan Taiwan di babak pertama yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis 18 Oktober 2018, Sehingga laga berakhir imbang tanpa gol alias 0-0.
 
Di menit ke-46, dua tendangan Egy Maulana Vikri masih belum membuahkan hasil. Usaha pertamanya masih bisa ditepis oleh kiper Taiwan, Li Guan Pei. Bola rebound dikirim Egy melesat.
 
Tendangan Egy dua menit berselang juga diantisipasi Guan Pei. Bola di muka gawang disambar Muhammad Rafli tapi masih belum berbuah gol.
 
Indonesia memecah kebuntuan di menit ke-50. Blunder dari Karl Hu Josefsson saat menyapu umpan tarik Witan menghukum Taiwan. Egy bisa menerima bola di muka gawang, lalu dengan tenang membikin gol pertama Indonesia.
 
Keunggulan Indonesia cuma bertahan tiga menit. Buruknya koordinasi pertahanan tim Merah-Putih berbuah gol balasan Taiwan.
 
Umpan silang Huang Jyun Wun gagal disapu oleh Nurhidayat. Wang Chung Yu dengan mudah membobol gawang Indonesia yang dilawal oleh Muhamad Riyandi.
 
Firza Andika mencoba peruntungan tendangan jarak jauh di menit ke-57. Bolanya jauh dari sasaran.
 
Usaha Witan tujuh menit berselang gagal membuahkan gol. Sepakannya dari jarak dekat masih bisa diblok barisan belakang Taiwan.
 
Guan Pei melakukan penyelamatan lagi. Witan bisa melewati beberapa pemain Taiwan di menit ke-69, tendangan terakhirnya bisa diantisipasi kiper nomor punggung 1 itu.
 
Witan akhirnya bisa menebus beberapa kesalahan melewatkan peluang dengan kepalanya di menit ke-71. Dia menyundul bola rebound masuk ke gawang, tendangan bebas Syahrian Abimanyu yang salah diantisipasi oleh Guan Pei.
 
Egy melewatkan peluang emas di menit ke-76. Egy gagal menembak saat berhadapan dengan Guan Pei. Bola liar dikirim Todd Rivaldo Ferre, yang baru masih menggantikan Rafli Mursalim di menit ke-73, ke atas gawang. Tendangan jarak jauh Saddil semenit berselang bisa ditangkap Guan Pei.
 
Feby Eka Putra menyundul bola tendangan sudut ke sedikit di atas mistar. Dia masuk di menit ke-81 menggantikan Saddil Ramdani.
 
Indonesia melewatkan peluang lagi di menit ke-87. Asnawi Mangku Alam mendapat peluang terbuka di sisi kiri kotak penalti Taiwan tapi sepakannya masih melenceng.
 
Indonesia mengunci kemenangan di menit ke-89. Witan membukukan gol kedua. Menerima bola sodoran Egy, Witan mencetak gol dari jarak dekat.
 
Di sisa pertandingan tak ada gol tambahan, Indonesia mengumpulkan 3 poin, sama dengan Uni Emirat Arab. Sementara Taiwan menyamai Qatar yang belum mengumpulkan poin.