Menang Adu Penalti Atas Indonesia, Malaysia Tantang Myanmar Di Final Piala AFF U-19

Beritabola6 – Pupus sudah harapan Tim nasional Indonesia U-19 untuk meraih prestasi di ajang Piala AFF U-19. Langkah Garuda Muda terhenti di babak semifinal usai kalah adu penalti 2-3 dengan Malaysia setelah berimbang 1-1 di waktu normal.
 
Indonesia lebih dulu unggul saat laga baru berjalan dua menit di Stadion Gelora Delta Stadium, Sidoarjo, Kamis 12 Juli 2018 malam. Egy Maulana Vikri melesakkan gol lewat titik penalti.
 
Malaysia menyamakan skor 1-1 di menit ke-15 lewat sundulan Muhammad Syaful. Hasil itu bertahan hingga waktu normal dan pertandingan di lanjutkan lewat adu penalti.
 
Dari lima penendang, Indonesia hanya dua yang berbuah gol, Muhammad Luthfi dan Rivaldo. Sementara Malaysia mampu mencetak tiga gol dari empat penendangnya, yakni Shivan Asokan, Nabil Hakim, dan Akif Syahiran. Satu penendang sisa Malaysia tak lagi mengambil eksekusi karena apapun hasilnya tak akan mengubah hasil apapun.
 
Di laga final, Malaysia akan bertemu dengan Myanmar, yang di laga sebelumnya mengalahkan Thailand 1-0. Sementara Indonesia akan menghadapi Thailand untuk perebutan juara ketiga.
 
Jalannya Pertandingan:
 
Indonesia yang menargetkan lolos ke final langsung menekan pertahanan Malaysia sejak awal laga. Penetrasi dilakukan Saddil Ramdani ke kotak penalti dari sisi kanan, namun geraknya dihadang oleh bek Malaysia.
 
Wasit langsung menunjuk titik putih saat laga baru berjalan 30 detik. Egy, yang untuk pertama kalinya tampil di Piala AFF U-19 tahun ini, mengambil eksekusi.
 
Tembakan pemain asal Medan itu sukses mengecoh kiper Malaysia. Indonesia memimpin 1-0 di menit ke-2.
 
Meski bermain di kandang lawan dan menghadapi puluhan ribu suporter lawan, Malaysia tak gentar untuk menghadapi perlawanan sengit Indonesia. Mereka berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-15 lewat sundulan Muhammad Syaful usai memanfaatkan umpan sepak pojok.
 
Setelah Malaysia menyamakan kedudukan. Indonesia semakin gencar menekan lini pertahanan tim tamu. Beberapa kali aksi individu pemain Indonesia menyulitkan pertahanan Malaysia, namun, Indonesia masih kesulitan menciptakan peluang bersih.
 
Malaysia gantian menekan di menit ke-35. Muhammad Hadi Fayyadh melakukan penetrasi ke kotak penalti Indonesia dari sisi kiri, namun bola berhasil diblok kiper Muhamad Riyandi sebelum tembakan dilepaskan lawan.
 
Indonesia mulai tertekan di sisa waktu babak pertama. Pergerakan para pemain Malaysia dengan bola berulang kali mampu sampai ke kotak penalti Indonesia.
 
Tak ada gol tambahan hingga babak pertama usai. Malaysia dan Indonesia masih sama kuat 1-1.
 
Indonesia langsung menekan pertahanan Malaysia di awal babak kedua. peluang didapat Indonesia pada menit ke-50. Egy melepas sodoran kepada Witan Sulaiman, bola langsung disepak ke arah gawang, namun masih bisa ditangkap kiper Muhammad Azri.
 
Malaysia mengancam di menit ke-56 lewat tendangan bebas. Bola meluncur ke pojok kanan atas gawang Indonesia, namun masih bisa diamankan Riyandi.
 
Indonesia belum juga mampu memecah kebuntuan di babak kedua. Sampai menit ke-75, Garuda Muda masih kesulitan melesakkan gol ke gawang Malaysia.
 
Egy harus ditarik keluar di menit ke-87. Dia mengalami cedera dan tampak menangis saat digantikan oleh Hanis Saghara Putra.
 
Tak ada gol tambahan hingga waktu 90 menit tuntas. Pemenang di laga ini pun harus ditentukan lewat adu penalti. Malaysia menang 3-2 di babak tos-tosan.