Prancis Nyaris Dipermalukan Islandia

Beritabola6 – Juara dunia Prancis nyaris dipermalukan Islandia di laga ujicoba. Sempat tertinggal 2-0, Prancis bangkit untuk menyamakan kedudukan lewat penalti Kylian Mbappe di menit-menit akhir.
 
Bertanding di Stade du Roudourou, Jumat 12 Oktober 2018 dini hari WIB. Prancis nyaris memainkan seluruh pemain terbaiknya sebagai starter, tapi mencadangkan Mbappe.
 
Islandia mengejutkan Prancis dengan gol Birkir Bjarnasson di menit ke-30, keunggulan yang bertahan sampai jeda pertandingan. Usai turun minum, gawang Prancis kebobolan lagi olehKari Arnason di menit ke-58.
 
Kebangkitan Prancis baru terjadi di lima menit terakhir waktu normal. Prancis diuntungkan dengan gol bunuh diri Holmar Eyjolfsson sebelum memaksakan laga seimbang usai Mbappe mencetak gol hasil hadiah penalti.
 
Jalannya Pertandingan
 
Babak pertama berjalan, Prancis langsung mengambil alih permainan. Mereka benar-benar mengurung Islandia di daerah pertahanan mereka sendiri.
 
Namun, Islandia terlihat sudah siap menahan segala tekanan dari Prancis. Mereka disiplin bertahan. Bahkan kesempatan pertama malah datang dari kubu Islandia di menit keenam.
 
Arnor Ingvi Traustason mendapat peluang setelah melakukan akselerasi cepat pada sebuah serangan balik. Tapi, tembakan sang pemain masih bisa ditahan Hugo Lloris.
 
Para Pemain Prancis mulai dari Paul Pogba hingga Olivier Giroud beberapa kali mencoba melakukan tembakan, tapi upaya mereka selalu tertahan lini belakang Islandia.
 
Benar saja, alih-alih membuat gol, Prancis malah kebobolan di menit ke-30. Berawal dari intersep sempurna Alfred Finnbogason dari kaki Presnel Kimpembe, sang pemain menusuk dari sisi kanan kemudian membuat umpan datar kepada Birkir Bjarnason.
 
Gelandang yang muncul dari lini kedua itu langsung membuat tembakan keras terarah ke pojok kiri bawah dan menembus gawang Lloris. Islandia unggul 1-0.
 
Prancis tetap menguasai penguasaan bola, tapi mereka masih belum menemukan celah di lini belakang Islandia. Babak pertama berakhir 1-0 untuk Islandia.
 
Les Bleus langsung tampil trengginas di babak kedua. Mereka tak mau terlalu lama tertinggal. Pada menit ke-55, Antoine Griezmann mendapat peluang. Tapi, tandukannya masih bisa ditepis sempurna oleh Hannes Thor Halldorsson.
 
Tiga menit kemudian petaka datang untuk Prancis. Islandia berhasil mencetak gol kedua. Berawal dari tendangan sudut Gylfi Sigurdsson, Kari Arnason berhasil membuat gol lewat sundulan kepala. Prancis tertinggal 2-0.
 
Efektivitas Islandia benar-benar terlihat. Meski kalah penguasaan bola 35-65 sampai menit ke-70, tembakan ke gawang Sigurdsson dkk mencapai 8, sedangkan Prancis hanya 3 yang mengarah ke gawang, 8 sisanya melenceng.
 
Kylian Mbappe dimasukkan pada menit ke-60, dan langsung memberikan dampak signifikan lewat peluang-peluang yang diciptakan. Upaya dia berbuah hasil di menit ke-86.
 
Berawal dari tembakan Mbappe, Halldorsson gagal mengantisipasi dengan sempurna, hingga bola menuju Holmar Oern Eyjolfsson kemudian masuk ke gawang sendiri. Skor menjadi 2-1.
 
Empat menit kemudian, Prancis mendapat penalti karena handsball Kolbeinn Sigthorsson. Mbappe berhasil mengeksekusi dengan sempurna. Laga berakhir dengan skor 2-2.