Tottenham Kalahkan Chelsea 1-0

Beritabola6 – Tottenham Hotspur membuka peluang lolos ke final Piala Liga Inggris usai mengalahkan Chelsea 1-0 di leg pertama semifinal. Harry Kane jadi pahlawan kemenangan Spurs lewat golnya dari titik penalti.
 
Menjamu Chelsea di Stadion Wembley, Rabu 09 Januari 2019 dini hari WIB, penalti untuk Tottenham diberikan setelah Kane dijatuhkan oleh Kepa Arrizabalaga. Wasit sempat memakai VAR sebelum memutuskan untuk menunjuk titik putih.
 
Kane sukses mengeksekusi penalti pada menit ke-26 untuk membawa Tottenham unggul. Pada babak kedua, Chelsea yang tertinggal kemudian tampil lebih dominan dan agresif.
 
Meski demikian, tak ada satu pun dari 17 upaya Chelsea yang menghasilkan gol. Kiper Tottenham, Paulo Gazzaniga, juga tampil oke dengan melakukan lima penyelamatan.
 
Tottenham pun mengantongi keunggulan tipis dalam menatap pertandingan leg kedua. Mereka akan gantian tandang ke Stamford Bridge pada 24 Januari nanti.
 
Jalannya Pertandingan
 
Tottenham turun nyaris dengan kekuatan penuh pada pertandingan ini. Hanya Hugo Lloris yang diistirahatkan dan digantikan oleh Paulo Gazzaniga di bawah mistar gawang.
 
Sementara itu, Chelsea melakukan dua perubahan pada susunan pemainnya dari yang diturunkan melawan Southampton. Andreas Christensen dan Callum Hudson-Odoi diturunkan menggantikan David Luiz dan Alvaro Morata.
 
Kedua tim saling menyerang sejak awal pertandingan. Upaya pertama dilepaskan Harry Kane lewat sebuah tendangan salto yang masih mengarah ke Kepa Arrizabalaga.
 
Pada menit kedelapan, giliran Chelsea yang memberikan tekanan. Menerima bola dari Willian, Hudson-Odoi melewati Danny Rose dan melepaskan tembakan ke arah gawang. Namun bola masih bisa diamankan Gazzaniga.
 
Pertandingan kemudian berjalan cukup berimbang. Meski demikian, belum ada peluang bersih yang dihasilkan Tottenham maupun Chelsea.
 
Pada menit ke-24, Harry Kane yang menerima sebuah umpan panjang dijatuhkan oleh Kepa di kotak penalti. Kane sempat dinyatakan offside sehingga tak ada penalti untuk Tottenham.
 
Namun wasit Michael Oliver kemudian mengecek VAR. Kane dinyatakan onside dan Tottenham mendapat hadiah penalti.
 
Kane sendiri yang maju sebagai eksekutor. Striker Tottenham itu mengarahkan tendangannya ke sisi kanan Kepa. Meski Kepa menebak arah tendangan dengan tepat, namun bola meluncur deras dan masuk ke gawang.
 
Chelsea mendapat peluang untuk menyamakan skor di menit ke-41. Marcos Alonso yang bebas di sisi kiri melepaskan umpan yang diteruskan N’Golo Kante dengan tendangan voli. Sial bagi Chelsea, bola sepakan Kante mengenai tiang gawang.
 
Memasuki menit-menit akhir babak pertama, Chelsea lebih agresif. Hudson-Odoi melakukan tusukan dari kanan dan kemudian melepaskan tembakan. Namun bola masih melambung di atas mistar gawang.
 
Hudson-Odoi benar-benar jadi ancaman untuk gawang Chelsea. Pada masa injury time, ia melepaskan umpan dari sisi kanan. Meski nyaris terkecoh karena bola sempat membentur Rose, Gazzaniga bisa menghalau bola.
 
Tottenham nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-53. Kane mengakhiri serangan Tottenham dengan tendangan keras dari luar kotak penalti, memaksa Kepa melakukan penyelamatan dengan satu tangannya.
 
Chelsea yang masih berupaya mencetak gol balasan mulai menebar ancaman ke gawang Tottenham. Eden Hazard yang menerima bola dari Willian kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Gazzaniga masih bisa mengantisipasinya dengan baik.
 
Gazzaniga kembali melakukan penyelamatan pada menit ke-57. Kali ini ia menepis tembakan Kante.
 
Chelsea menyia-nyiakan sebuah peluang emas di menit ke-59. Berawal dari sepak pojok, bola dibelokkan oleh Ross Barkley dan mengarah ke Andreas Christensen yang berdiri bebas di tiang jauh. Christensen langsung menyambar bola dengan tendangan first-time, tapi bola menyamping dari gawang.
 
Chelsea tampil lebih dominan pada babak kedua. Tekanan terus dilancarkan tim tamu sampai menit-menit akhir pertandingan.
 
Hazard yang jadi motor serangan Chelsea melepaskan umpan ke kotak penalti. Bola ditepis oleh Gazzaniga dan coba dibuang oleh Davinson Sanchez. Bola mengarah ke Alonso yang langsung melepaskan tembakan. Namun upaya Alonso itu diblok di depan gawang.
 
Sampai pertandingan usai, Chelsea yang terus menekan tak mampu mencetak gol balasan. Skor 1-0 untuk kemenangan Tottenham bertahan sampai wasit meniup peluit panjang.