Nigeria Kandaskan Islandia 2-0

Beritabola6 – Nigeria membuka peluang lebar-lebar tuk lolos kebabak 16 besar Piala Dunia 2018. Nigeria berhasil mengandaskan perlawanan Islandia 2-0 di laga kedua fase grup D. Dua gol Nigeria diciptakan oleh Ahmed Musa.
 
Duel Nigeria vs Islandia berlangsung di Volgograd Arena, Jumat 22 Juni 2018 malam WIB, Nigeria baru bisa memecah kebuntuan di babak kedua. Musa dua kali menjebol gawang Hannes Thor Halldorsson untuk memberi Nigeria tiga poin.
 
Islandia sempat mendapat kesempatan emas untuk menipiskan ketertinggalan setelah diberi hadiah penalti. Tapi eksekusi Gylfi Sigurdsson justru jauh dari sasaran.
 
Dengan kemenangan ini, Nigeria kini menempati peringkat dua klasemen Grup D dengan tiga poin. Sementara itu, Islandia ada di urutan ketiga dengan satu poin.
 
Jalannya Pertandingan
 
Laga berjalan cukup terbuka di menit-menit awal. Nigeria dan Islandia saling jual beli serangan.
 
Di menit ketiga, Islandia mendapat tendangan bebas dari posisi yang cukup menjanjikan di depan kotak penalti Nigeria. Eksekusi Gylfi Sigurdsson melewati pagar betis Nigeria dan mengarah ke pojok kiri atas, tapi Francis Uzoho masih bisa menepis bola.
 
Serangan kembali dibangun Islandia, kali ini dari sisi kanan. Sigurdsson yang mendapat ruang di tengah kemudian melepaskan tembakan first-time, tapi bola masih bisa diamankan Uzoho.
 
Nigeria perlahan mendominasi penguasaan bola. Tapi mereka kesulitan menciptakan peluang yang membahayakan gawang Islandia.
 
Islandia kemudian justru mampu menebar ancaman di menit-menit akhir babak pertama. Bjarnason melepaskan umpan tarik, tapi tak ada pemain Islandia yang menyambut bola.
 
Tendangan bebas yang didapat Islandia juga tak membuahkan hasil. Tendangan Sigurdsson tak mampu diteruskan oleh Alfred Finnbogason yang ada di depan gawang.
 
Memasuki babak kedua, Nigeria mampu membuka keunggulan tepatnya di menit ke-49. Berawal dari serangan balik, Victor Moses dari sebelah kanan kemudian melepaskan umpan silang ke kotak penalti. Ahmed Musa yang menerima bola kemudian mengontrolnya dan melepaskan tembakan keras dari jarak dekat.
 
Wilfred Ndidi melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Meski bola sempat membentur pemain Islandia, Halldorsson masih bisa menepisnya.
 
Musa benar-benar menjadi ancaman untuk gawang Islandia. Tendangannya dari depan kotak penalti menerpa mistar gawang Islandia.
 
Musa mencetak gol keduanya di laga ini di menit ke-75. Menerima umpan panjang dari Kenneth Omeruo, Musa yang bergerak dari sisi kiri mampu melepaskan diri dari kawalan pemain belakang Islandia dan kemudian mengecoh Halldorsson sebelum memasukkan bola ke dalam gawang.
 
Drama sempat terjadi di menit ke-80. Finnbogason dijatuhkan oleh Ebuehi di kotak penalti dan wasit menilai tak ada pelanggaran. Namun wasit kemudian mengubah keputusannya dan memberi hadiah penalti untuk Islandia setelah meninjau VAR.
 
Gylfi Sigurdsson maju sebagai eksekutor. Tapi dia gagal memanfaatkan penalti tersebut karena tendangannya justru melambung di atas mistar gawang.
 
Sementara itu, Nigeria tak mengendurkan serangan meski sudah unggul dua gol. Kelechi Iheanacho mencoba menambah gol Nigeria, tapi tendangannya dari luar kotak penalti melenceng dari gawang.