Bisnis dan Keuangan

Aplikasi Investasi untuk Pemula

Minat Orang Amerika Investasi di Tiongkok Masih Tinggi

Saat ini, minat Millennials dan Gen Z untuk berinvestasi sedang naik. Pandemi memberikan dampak buruk dimana banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya. Namun juga memberikan motivasi bagi banyak orang untuk menyisihkan sebagian uang mereka sebagai bentuk jaga-jaga. Hal berbau saham, pasar modal, obligasi, dan lain sebagainya itu asing di telinga orang awam. Namun tidak perlu minder, karena hal-hal tersebut memang tidak mudah untuk dipahami. Kini banyak aplikasi investasi online yang bisa membantu para pemula dalam membimbing menanamkan modal sesuai dengan kondisi keuanganmu.

Berikut ini adalah aplikasi investasi yang layak untuk dicoba oleh para pemula.

  • Bibit

Aplikasi investasi all-in-one ini adalah nama aplikasi yang sudah tidak asing lagi. All in one disematkan pada aplikasi Bibit karena di aplikasi ini kamu bisa mengalokasikan dana ke dalam bentuk reksa dana, pasar saham, hingga obligasi. Di aplikasi ini juga ada pilihan untuk investasi secara syariah. Aplikasi ini adalah aplikasi yang menargetkan Millennials dan Gen Z, karena memungkinkan berinvestasi melalui saldo gopay dan LinkAja. Aplikasi Bibit juga sudah tersertifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dimana seluruh aktivitas di dalamnya terpantau dan terpercaya.

  • Bareksa

Aplikasi Bareksa mengklaim dirinya sebagai marketplace reksa dana yang menjual ratusan produk dari berbagai perusahaan yang dikelola manajer investasi. Produk investasi di aplikasi Bareksa meliputi dari reksa dana, surat berharga negara (SBN), emas, dan umroh. Aplikasi ini akan menjabarkan seluruh informasi produk, termasuk pergerakan harga, profit yang mungkin dihasilkan, hingga risikonya. Dari segi keamanan, aplikasi Bareksa terbilang terpercaya karena sudah mendapatkan sertifikasi dari OJK serta merupakan mitra distribusi SBN retail.

  • HSB Investasi

Apabila kamu sudah mengenal investasi, kamu bisa mencoba aplikasi HSB Investasi. Di dalamnya terdapat banyak ragam produk yang ditawarkan, diantaranya adalah forex, logam mulia, indeks saham, dan lainnya. Aplikasi HSB Investasi memiliki salah satu fitur unggulan, yakni CITRA (Clearing Information of Trade) yang merupakan fitur yang memudahkan pengguna untuk melihat setiap transaksi yang dilakukan secara langsung. Adanya fitur ini membuat transparansi di aplikasi selalu terjaga. Untuk segi kemanan, semua kegiatan yang terjadi di aplikasi ini diawasi Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (BAPPEBTI), ICDX, dan ICH.

  • Tanamduit

Aplikasi ini hadir dengan desain yang sangat colorful dan terlihat menargetkan anak-anak muda yang ingin berinvestasi. Adapun produk yang menjadi andalannya adalah emas, meskipun sebenarnya memiliki 4 macam produk investasi, diantaranya reksa dana, SBN, asuransi, dan emas. Aplikasi ini juga terpercaya karena selalu diawasi oleh OJK sehingga danamu yang ada di dalamnya aman.

  • LandX

Apabila kamu ingin mencoba investasi dalam bentu lain, kamu bisa mencoba aplikasi LandX yang merupakan aplikasi untuk investasi properti. Di aplikasi ini, sistem lot digunakan jika kamu membeli sebagian kepemilikan dari sebuah properti. Misalnya sebuah rumah dijual dengan harga Rp500 juta, dimana satu lot-nya dihargai Rp5 juta. Maka kamu bisa membeli sebagian kepemilikan dari rumah itu dengan minimal modal 1 lot. Sebagai catatan, modal minimal untuk investasi di LandX adalah Rp3 juta. Bagi kamu yang tertarik dengan investasi properti dan sudah memiliki modal, kamu bisa menggunakan aplikasi ini. Aplikasi LandX sudah terdaftar di Kemkominfo dan masih dalam proses pengajuan izin OJK.

  • Ajaib

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk investasi mulai dari Rp10.000. Adapun produk yang ditawarkannya adalah saham dan reksa dana. Terdapat panduan serta rekomendasi produk apa yang sesuai dan paling menguntungkan bagi kondisi keuanganmu jika kamu investasi di aplikasi ini, sehingga kamu tidak perlu kebingungan saat pertama kali investasi di Ajaib. Untuk segi keamanan, aplikasi Ajaib sudah mendapatkan izin beroperasi dari Indonesia Stock Exchange (IDX) dan OJK.

  • KoinWorks

Aplikasi ini bergerak dengan sistem peer to peer lending (P2P lending) yang artinya dana yang kamu masukkan akan disalurkan kepada masyarakat yang mengajukan pinjaman di aplikasi tersebut. Aplikasi KoinWorks menjanjikan keuntungan hasil hingga 18 % per tahunnya. Selain itu, aplikasi KoinWorks juga telah tersertifikasi oleh OJK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *