Bisnis dan Keuangan

Bunga Kredivo vs JULO, Mana Paling Rendah?

Kredit tanpa agunan bank (KTA) berbeda dengan pinjaman online. Tapi, kini ada juga KTA yang khusus ditujukan bagi pengguna Android seperti yang ditawarkan oleh JULO. Lalu apa bedanya dengan pinjaman online cepat cair bayar bulanan seperti Kredivo?

Jika membaca beberapa poin persyaratan pendaftaran JULO, hampir tidak ada perbedaan mencolok. Calon debitur perlu dilengkapi dengan dokumen seperti KTP, slip gaji atau surat keterangan penghasilan, dan foto selfie dengan KTP.

Supaya lebih jelas apa saja sebenarnya perbedaan atau perbandingan antara JULO dengan Kredivo, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Bunga Kredivo vs JULO, mana paling rendah?

Kredivo bisa digunakan untuk belanja online, pembayaran berbagai tagihan hingga pengajuan pinjaman tunai. Untuk belanja online tersedia cicilan 3,6 sampai dengan 12 bulan dengan bunga 2,6% per bulan.  Sementara untuk pembayaran tagihan tidak dikenakan bunga sama sekali hanya dikenakan biaya administrasi secara umum. Contoh untuk pembelian token pulsa sebesar Rp200 ribu, dikenakan biaya admin sebesar Rp3.000 saja. Namun, pembayarannya tetap harus dilakukan 30 hari kemudian.

Sementara untuk pinjaman tersedia pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Pinjaman mini jumlah rentang pinjamannya minimal Rp500 ribu dan maksimal Rp1 juta. Sedangkan untuk rentang pinjaman jumbo, kamu bisa mengajukan mulai dari Rp1 juta hingga batas kredit limit yang dimiliki atau sesuai dengan informasi dalam dashboard aplikasi Kredivo. Ada biaya adminnya sebesar 6% hanya untuk produk pinjaman tunai.

Sementara itu, JULO mengenakan bunga antara 3-6% persen per bulan. Besar kecilnya bunga yang ditetapkan, akan dihitung berdasarkan kelayakan analisa kredit masing-masing debitur. Sementara untuk produk JULO mini dikenakan bunga sebesar 0.33% per hari. 

Bunga tersebut belum termasuk biaya provisi sebesar 5% yang dikenakan di awal pinjaman dan diambil dari dana pinjaman. 

Keunggulan Kredivo vs JULO

Kelebihan Kredivo karena sudah memiliki jaringan yang luas serta kerjasama dengan berbagai merchant ternama di Indonesia. Untuk marketplace online sebut saja Tokopedia, Blibli, Lazada, dan lain sebagainya. Untuk merchant offline seperti McD, IKEA, Erafone dan lain-lain. Kredit limit maksimal yang diberikan Kredivo sebesar Rp30 juta.

Sementara JULO hanya produk pinjaman saja berupa KTA bagi pengguna handphone Android. Artinya jika handphone kamu iPhone tidak bisa mengajukan pinjaman lewat JULO. JULO murni sebagai KTA sehingga layanan produknya terbatas pinjaman. Kredit limitnya bisa mencapai Rp50 juta khusus jika menggadaikan sertifikat rumah untuk produk JULO Agunan. Jadi, selain KTA, JULO juga bisa memberikan dana dengan agunan atau jaminan berupa sertifikat rumah, BPKB mobil dan BPKB motor.

Proses pendaftaran Kredivo vs JULO

Untuk mendapatkan pinjaman dari Kredivo, kamu harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran menjadi member premium. Jika permohonan disetujui, kamu bisa menggunakan seluruh kredit limit untuk usaha, belanja, bayar berbagai tagihan bulanan supaya semua pembayaran terintegrasi menjadi satu platform pembayaran.

Syarat yang wajib dipenuhi sebagai member seperti berikut ini:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Sementara untuk JULO, yang perlu dipersiapkan selain KTP, juga slip gaji atau keterangan penghasilan dari perusahaan atau pihak yang berwenang. Pendaftarannya pun dapat dilakukan lewat Aplikasi masing-masing.

Itulah ulasan singkat perbandingan antara Kredivo dan JULO. Kedua fintech ini sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sehingga semua transaksi pasti akan menggunakan enkripsi sehingga data-data debitur tetap aman. 

Jika ingin mendapatkan produk pinjaman online cepat cair cicilan bulanan, kamu bisa menimbang-nimbang antara Kredivo dengan JULO. Selain itu prosesnya juga tanpa kontak sama sekali dan sesuai dengan protokol kesehatan di era new normal. Pastikan kamu benar-benar mengunduh aplikasi resminya supaya informasi yang disampaikan juga benar serta proses pendaftarannya menjadi lebih mudah dalam proses verifikasi datanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *