Kesehatan

Ciri – Ciri Awal Penyakit Lupus Pada Anak

Lupus merupakan sebuah penyakit autoimun yang disebabkan tubuh memproduksi antibodi berlebihan yang menyerang jaringan tubuh di berbagai organ. Penyakit lupus ini lebih banyak mengenai anak perempuan dan angka kejadiannya bisa meningkat seiiring bertambahnya usia. Pada umumnya anak penderita lupus ini berusia sekitar 9-15 tahun atau saat memasuki masa pubertas. Lalu bagaimana ciri-ciri atau gejala penyakit lupus pada anak ini? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya. 

  1. Demam Berkepanjangan Tanpa Penyebab Yang Jelas

Ciri – ciri awal penyakit lupus pada anak yang pertama adalah demam berkepanjangan tanpa penyebab yang jelas. Demam berkepanjangan itu artinya bisa berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan tanpa diketahui dengan pasti apa penyebabnya. 

  1. Nampak Pucat dan Memiliki Transfusi Darah Berulang

Ciri – ciri awal penyakit lupus pada anak selanjutnya adalah nampak pucat dan memiliki transfusi darah berulang. Jadi, jika anak anda nampak pucat, mudah lelah, lesu, serta ada riawayat transfusi darah berulang, maka anda harus hati-hati dan waspada. Soalnya, kondisi ini bisa menjadi salah satu gejala awal penyakit lupus. Selain itu, anak dengan anemia hemolitik autoimun pada perjalanan penyakitnya banyak yang menjadi penyakit lupus.

  1. Mudah Letih

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa salah satu ciri atau gejala tifus pada anak adalah mudah letih. Jadi, anak yang bisanya aktif lalu menjadi tidak aktif atau mulai malas beraktivitas maka itu bisa menjadi salah satu tanda penyakit lupus. 

  1. Muncul Ruam Pada Kulit

Ruam ini bisa muncul di wajah yang berbentuk seperti sayap kupu-kupu atau yang lebih populer disebut dengan naman butterfly rash (bercak malar). Selain itu, ada juga yang berbentuk bulat-bulat dan muncul di bagian tubuh lainnya, seperti batang tubuh, leher, lengan dan tungkai. 

  1. Nyeri dan Bengkak Pada Sendi

Apabila anak sering mengeluh nyeri serta bengkak pada persendian, terutama pada siku dan lutut. Maka anda harus mewaspadainya karena jangan-jangan itu merupakan gejala lupus. Oleh karena itu, segerakan periksakan anak ke dokter jika mengalami kondisi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *