Kuliner

Inidia Manfaat Sayuran Pakcoy Untuk Kesehatan

Pakcoy atau sawi sendok merupakan jenis sayuran yang sangat familar di masyarakat Indonesia. Namun, banyak orang yang belum mengetahui manfaat pakcoy ini untuk kesehatan. Bahkan, ada beberapa peneliti yang meyakini bahwa pakcoy ini sudah dikonsumsi oleh masyarakat China kuno sejak ribuan tahun yang lalu. Selain itu, sayuran pekcoy ini juga memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan coba memberikan informasi tentang manfaat sayuran pakcoy untuk kesehatan sebagai berikut :

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pakcoy yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Ini dikarenakan kandungan kolesterol dan kalori pada pakcoy ini sangat rendah. Bukan hanya itu, sayuran hijau ini juga mengandung kalium, folat, vitamin C serta vitamin B-6. Semua kandungan tersebut santa baik untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Mencegah Kanker

Manfaat sayuran pekcoy selanjutnya adalah mencegah kanker. Hal ini dikarenakan pekcoy mengandung folat yang berfungsi untuk mencegah pembentukan sel kanker yang disebabkan mutasi DNA. Selain itu, sayuran hijau ini juga mengandung vitamin C, vitamin E, serta beta karoten yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Bukan hanya itu, pakcoy ini juga mengandung selenium yang dapat membersihkan tubuh dari komponen penyebab kanker. Selenium juga bisa mencegah munculnya tumor dan peradangan. 

  1. Menjaga Tekanan Darah

Manfaat sayur perkcoy berikutnya adalah menjaga tekanan darah. Hal ini dikarenakan pakcoy mengandung kalium, kalsium, dan magnesium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam hal ini, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi kalium hingga 4.700 miligram/hari dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang diakibatkan oleh asupan natrium yang tinggi.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat sayuran pakcoy yang terakhir adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Sayuran hijau ini mengandung berbagai macam nutrisi dan zat mineral yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Seperti zat besi, kalsium, fosfor, zinc, magnesium, dan vitamin K. Fosfor dan kalsium ini sangat penting untuk memperkuat struktur tulang. Sementara vitamin K dapat menjaga kestabilan kalsium di dalam tulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *