Informasi

Polisi Bakal Merazia Penjual Petasan, Simak Bahayanya

Satreskrim Polres Lebak Razia Petasan dan Kembang Api - News+ on RCTI+
source gambar : m.rctiplus.com

Setiap ada perayaan besar, maka tidak asing lagi tentang petasan. Salah satu kegiatan yang selalu mengisi setiap hari besar di Indonesia ini memang menjadi hiburan yang umum di Indonesia. Petasan adalah sebuah benda yang memiliki sumbu ledak yang bisa mengeluarkan suara baik ringan maupun sedang.

Ada berbagai potensi bahaya yang bisa ditimbulkan akibat menyalakan petasan. Polisi akhirnya mengeluarkan peraturan penertiban terhadap penjual petasan yang biasanya akan digelar di acara natal yang akan sebentar lagi tiba. Berikut tentang bahaya dari petasan antara lain :

  • Berpotensi menyebabkan kebakaran

Tak heran lagi bahwa petasan punya potensi yang mampu menyebabkan kebakaran. Hal ini karena dalam menyalakan petasan akan keluar percikan api. Percikan api ini cukup berpotensi dan mampu menyebabkan eskalasi kebakaran yang mengancam rumah – rumah warga. Oleh karena itulah, digelarnya operasi penertiban petasan oleh polisi ini untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Apalagi sebentar lagi adalah hari raya natal, pencegahan petasan akan semakin diperketat untuk mencegah warga bermain benda ini.

  • Mengganggu lingkungan

Petasan juga menjadi salah satu factor kegiatan yang mengganggu lingkungan. Suaranya yang keras membuat ketidaknyamanan. Hal ini diperparah dengan kegiatan menyalakan petasan pada saat menjelang malam yang seharusnya jam tersebut digunakan untuk orang beristirahat. Hal inilah mengapa petasan menjadi barang yang tidak boleh dinyalakan.

  • Berpotensi menyebabkan cidera

Ketika menyalakan petasan, tahukah Anda bahwa ini beresiko menyebabkan cidera? Hal ini karena petasan merupakan kategori barang yang berbahaya. Meski ada yang cara pakainya tidak memakai sumbu, namun tetap saja hal ini haruslah dihindari. Menghindari petasan juga salah satu cara agar diri sendiri tidak terkena dampak resiko.

  • Suaranya yang keras menimbulkan banyak masalah

Suara dari petasan ini lebih banyak mengundang masalah. Hal ini karena sifatnya yang mengganggu lingkungan dan juga berbahaya terhadap diri – sendiri. Perlu pemahaman lebih sebelum menggunakan petasan, bayangkan jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, bukankah hal ini akan menyulitkan keluarga.

  • Keracunan bahan petasan

Bahan petasan ini terbuat dari berbagai olahan yang banyak mengandung unsur kimia. Anda harus berhati – hati karena hal ini juga bisa menyebabkan keracunan. Secara tidak terduga, petasan lebih memiliki resiko yang cukup terkait keracunan.

  • Kerusakan pendengaran

Suara petasan yang keras juga berpotensi merusak pendengaran. Apalagi ketika menyalakannya tidak segera menjauh dari lokasi petasan, ini lebih beresiko. Daripada menggunakan petasan untuk media hiburan, akan lebih baik waktu dimanfaatkan untuk hal positif seperti belajar.

  • Kebutaan

Resiko yang paling tidak diinginkan ketika sedang bermain petasan adalah resiko kebutaan. Hal ini bisa saja terjadi apabila petasan mengenai indra penglihatan sehingga menyebabkan luka cidera pada mata yang tidak diinginkan yang salah satunya adalah resiko kebutaan. Meskipun berusaha untuk bermain petasan secara hati – hati, tetap saja hal ini beresiko membahayakan. Apalagi sebentar lagi adalah hari raya natal, polisi akan semakin menindak tegas penjual petasan di pinggir jalan.

  • Kematian

Sudah cukup banyak kejadian yang disebabkan karena petasan. Salah satu yang menyedihkan adalah kematian. Ini menjadi kejadian yang tentu saja menyayat hati. Mengingat berbagai peristiwa buruk yang ada karena bermain petasan, polisi akan menggelar operasi petasan yang akan diselenggarakan pada acara natal ini.

Petasan menjadi barang yang cukup berbahaya dan tidak dianjurkan untuk dimainkan. Lebih baik bermain benda yang lebih aman seperti gadget atau yang lainnya. info lengkapnya bisa anda peroleh di blog rcti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *